Pygmy Marmoset, Monyet Terkecil di Dunia

keepo.me-00041582.jpg
Denydanup - Apakah ada yang tahu ada satu spesies monyet yang berukuran sebesar jari telunjuk manusia? Bagaimana rupanya ya? Spesies seperti itu dinamakan Pygmy Marmoset.

Pygmy Marmoset adalah hewan yang berasal dari hutan hujan sebelah barat Amazon Basin di Amerika Selatan. Dengan berat sebesar 100 gram dan tinggi 15 cm, monyet ini adalah monyet terkecil di dunia. Tak heran karena saking kecilnya, monyet ini bisa memeluk jari manusia dengan nyaman.

Bentuk badan Pygmy Marmoset yang kecil itu memudahkannya bertahan hidup di dalam hutan. Cakar dan ekornya membuatnya bisa berayun dari satu pohon ke pohon lain. Hewan ini juga dapat memutar kepalanya 180 derajat, memudahkan mereka mengawasi sekitar ketika mencari makan.

Jika pada umumnya monyet menyukai pisang, tidak untuk spesies yang satu ini. Makanan Pygmy Marmoset berupa getah, serangga dan buah-buahan. Mereka akan menghisap getah pohon jenis tertentu sembari menunggu serangga kecil hinggap.

Pygmy Marmoset sudah bukan jadi hewan asing lagi. Keberadaannya yang unik membuat hewan kecil ini banyak diminati sebagai hewan eksotis untuk dipelihara. Namun, memelihara Pygmy Marmoset tidaklah mudah.

Pasalnya, bayi Pygmy Marmoset membutuhkan perawatan ekstra berupa 2 jam sekali makan. Selain itu, tak jarang pemilik akan digigit atau dilempar kotorannya sendiri jika tak suka si pemiliknya. Selain itu jika mengambil bayi Pygmy Marmoset untuk dipelihara akan rawan mudah mati akibat stres dipisahkan dari sang induk.

Berikut ini gambar Pygmy Marmoset:


 

0 Response to "Pygmy Marmoset, Monyet Terkecil di Dunia"

Post a Comment

Sopan aja udah cukup :)
Alay atau tidak, itu terserah kamu :-d

Saya sangat berharap, kamu mau berkomentar di blog saya walapun hanya sekedar "Thanks","Nice Post" :)

Saya sangat menerima kunjungan balik & komentar balik :)

oh iya, biar lebih seru, commentnya pake emoticon dibawah ini ya (o)